articel komputer

Mencari data ganda pada kolom yang berbeda di Excel 2007

Dalam postingan yang lalu saya pernah membahas tentang cara mencari data ganda pada satu kolom serta formula untuk mencari data duplikat pada sheet yang berbeda . Dalam postingan kali ini akan dibahas tentang bagaimana cara mencari data duplikat atau data yang sama pada dua buah kolom. Jika dalam postingan terdahulu kita menggunakan fungsi NOT(ISERROR(VLOOKUP)) dan fungsi IF(MAX(COUNTIF)), maka dalam postingan ini akan digunakan fungsi IF(ISNA(MATCH)).

Fungsi MATCH akan digunakan untuk mengecek data yang ada pada kolom satu dan mencari duplikatnya pada kolom kedua, jika duplikatnya ditemukan maka akan menghasilkan sebuah nilai yang bisa dicutomize, sedangkan jika fungsi MATCH tidak menemukan duplikat pada kolom kedua, maka akan mengghasilkan/menampilkan nilai  #N/A

Syntax / aturan penulisan rumus MATCH adalah:
MATCH(lookup_value,lookup_array,match_type)

Karena keterbatasan fungsi MATCH maka untuk menghindari excel menampilkan hasil error berupa  #N/A  maka kita dapat menggunakan fungsi lain dari excel yang khusus untuk menangani kesalahan #N/A, yaitu fungsi ISNA, Fungsi ISNA  akan berfungsi untuk menangani error #N/A . Sekedar mengingatkan saja  Fungsi ISNA adalah merupakan fungsi turunan dan fungsi IS, beberapa fungsi turunan dari IS lainnya adalah:

ISBLANK(value), ISERR(value), ISERROR(value), ISLOGICAL(value), ISNA(value), ISNONTEXT(value), SNUMBER(value), ISREF(value), ISTEXT(value), ISEVEN(number), ISODD(number)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s